topbella

Minggu, 30 Desember 2012

MENGANALISIS PENDAPATAN PERKAPITA ANTARA NEGARA - NEGARA MAJU ( KADADA DAN NEDERLAND ) BERDASARKAN SISTEM METODELOGI



Menganalisis pendapatan perkapita  antara Negara – Negara maju (kanada dan naderland )  berdasarkan system metodelogi

A.    Profil Negara Maju

Sebelum menganalisis secara metodelogi, antara Negara kanada dan negara naderland mengenai pendapatan negara sehingga kedua negara ini telah diakui oleh dunia sebagai Negara maju maka terlebih dahulu saya akan membahas tentang devenisi Negara maju
Negara maju merupakan Negara yang diakui secara global bahwa Negara ini memiliki pendapatan yang tinggi di bandingkan dengan Negara berkembang, memiliki kebudayaan yang tinggi yang  sudah diakui dunia, kemajuan teknologi, politik, keadaan perekonomian dan  kesejatraan masyarakat merata.  Dari devinisi tersebut dapat dipahami bahwa Negara yang memiliki pendapatan perkapita tinggi saja tidak dapat dikategorikan Negara maju, karna masih banyak yang menjadi ciri – ciri sehingga dapat tergolong kedalam Negara maju bahkan dapat digolongkan Negara berkembang karena Negara tersebut tidak memiliki  kemampuan untuk mengolah sumber daya alam, masih banyak masyarakat miskin dan tinggal dipedesaan terpencil, tidak unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bahkan Negara tersebut tidak mampu mengolah sumber daya yang ada.

B.     Negara Kanada
Kanada merupakan Negara bagian amerika utara  dengan ibu kota Ottawa. tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri. Merupakan bekas jajahan Perancis dan Britania Raya, Kanada adalah anggota La Francophonie dan Negara Persemakmuran. Selain masuk pada 10 negara industry terbesar di dunia , kanada juga memiliki perkembangan yang baik dibidang teknologi tinggi dan  industry jasa. Selain mengandalkan sumber daya alam yang melimpah kanada juga tumbuh dibidang inovasi dan teknologi . Industry utama kanada merupakan Kendaraan bermotor dan suku cadangnya, mesin dan peralatan, produk teknologi tinggi, minyak, gas alam, logam, serta produk kehutanan dan pertanian.

Perekonomian kanada kini mendekati Negara amerika serikat,dengan  system perekonomian berorientasi pasar, pola produksi dan standar hidup masyarakatnya tinggi . pada abad terakhir kanada berhasil di bidang pertambangan, produksi meningkat dan disektor pelayanan yang mengubah kanada dari perekonomian pedesaan menjadi Negara industry perkotaan yang diakui oleh dunia.
Dibidang pendidikan kanada juga berhasil untuk mengembangkan ilmu pendidikan dan teknologi ( iptek) sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kopeten yang menjadikan kanada berada ditingkat atas sebagai Negara maju dan kaya karna memiliki pendapatan yang besar di segala bidang , baik dibidang pendidikan, industry dan teknologi selain itu juga memiliki sumber daya alam yang dapat menjamin Negara ini dapat berkembang pesat hingga saat ini.

Budaya Kanada secara besar dipengaruhi budaya dan tradisi Inggris dan Prancis sebagai akibat masa kolonialnya dahulu. Di samping itu, budaya Kanada juga telah dipengaruhi budaya Amerika karena kedekatannya dengan 2 negeri dan migrasi orang, gagasan, modal, dan politik melintasi perbatasan. Walau budaya yang diwarisi itu, budaya Kanada telah mengembangkan banyak ciri unik.
 Karena Kanada dan AS telah berkembang lebih dekat, banyak orang Kanada telah mengembangkan perasaan dan perhatian kompleks, berkenaan dengan apa yang membuat Kanada bangsa yang "berbeda" di Amerika Utara. Kehadiran budaya Amerika yang besar telah mendorong beberapa ketakutan dari "pengambilalihan budaya," dan telah memprakarsai perumusan banyak institusi hukum dan pemerintahan melindungi budaya Kanada. Kebanyakan budaya Kanada tetap ditegaskan berbeda dengan budaya Amerika (lihat Identitas Kanada).

C.     Negara Naderland
Nederland merupakan Negara bagian Eropa yang lebih dikenal dengan Negara kincir angin. Pada abad ke 17 negara ini menguasai perekonomian dan kelautan yang handal sehingga pada masa ini belanda mencapai puncak keemasan. Pada masa ini pula belanda mulai menyadari bahwa kekayaan Indonesia sangat menguntungan untuk negaranya dan keadaan masyarakat pada masa  itu mudah dikendaliakan orang asing, sehingga belanda berhasil menjajah Indonesia berabad – abad berawal dari system adu dombanya. , ekonomi Nederland  menjadi semakin maju dengan Belanda menjadi anggotaBenelux dan Komunitas Eropa. Belanda juga menjadi anggota NATO.Belanda merupakan negara perintis Uni Eropa saat pendirian organisasi itu pada 1992. Aktivitas ekonomi utama di Belanda adalah termasuk  pemrosesan makanan, bahan kimia, pemrosesan minyak, dan pembuatan mesin listrik. Walaupun sektor  pertaniannya hanya menyediakan peluang pekerjaan kurang dari 4% populasi, Belanda mampu menghasilkan kelebihan dalam industri makanan untuk diekspor terutama gandum. Belanda menduduki urutan ketiga dalam daftar pengekspor makanan, setelah Amerika Serikat dan Perancis. Di nederland kebudayaan yang dikenal yaitu lukisan, banyak ahli seniman  yang terlahir di Negara ini sehingga seni terutama pada lukisan  menjadi suatu budaya hingga saat ini. Nederland  juga dikenal dengan Negara yang baik dibidang  arsitektur sehingga belanda berhasil menjadikan negaranya yang kecil dan lebih banyak dikelilingi oleh lautan menjadi daratan dengan mengedam laut dengan mengambil tanah dari Indonesia untuk membangun negaranya pada masa penjajahan yang dikenal dangan ibu kota Nederland yaitu Amsterdam, bukti lainnya bahwa belanda  memiliki bangunan yang kokoh hingga saat ini seperti peninggalan – peninggalan belanda yang bsa kita kunjungi sekaligus menjadi buki sejarah di negeri ini,  contohnya : lobang buaya dll

D.    Analisa pendapatan tertinggi antara dua Negara maju ( Kanada dan Naderland ) secara metodelogi
Secara metodelogi analisis pendapatan perkapita tertinggi antara kanada dan Nederland jika dilihat dari berbagai aspek antara lain :
1.      Perkembangan teknologi
Jika ditinjau berdasarkan teknologi  kanada lebih unggul dibandingakan belanda karena jelas kanada  tergolong pada Negara industry terbesar didunia sedangkan belanda lebih dikenal dengan Negara pengekspor makanan  akan tetapi hal ini bukan berarti belanda memiliki pendapatan perkapita jauh di bawah kanada jika kita tinjau di aspek lainnya.
2.      Perekonomian
belanda lebih dikenal dengan Negara pelit ataupun hemat  system perekonomian di belanda lebih lama maju di bandingkan dengan kanada yang pada abad ke 17 mencapai puncak keemasan dan belanda sangat handal dibidang kelautan juga perdagangan sedangkan perekonomian dikanada lebih muda dari Negara belanda tetapi pada abad terakhir kanada berhasil mencapai pendapatan perekonomian yang tinggi  dengan mengekspor kendaraan  bermotor dan suku cadangnya dan masih banyak lainnya yang sudah dijelaskan di atas
3.      Keadaan masyarakat
Ditinjau dari masyarakat antara kedua Negara ini, bahwa kanada memiliki masyarakat standar hidup masyarakat yang tinggi sedangkan masyarakat belanda dikenal dengan masyarakat yang pelit ( hemat ) akan tetapi masyarakat Nederland standar hidup masyarakatnya rendah


4.      Budaya
Dari segi budaya kanada di pengaruhi oleh budaya Portugal karna dulu kanada pernah dijajah Portugal kebudayaan yang ada seperti seni tari sedangkan Negara Nederland di kenal dengan kebudayaan seni lukis
5.      Sejarah
Di tinjau dari sejarah belanda lebih dulu mencapai puncak keemasaan
(abad ke 17 ) di bandingkan kanada. Belanda juga lebih dulu jaya dibidang perekonomian serta kelautan sejak abad ke 17 .
6.      Sumber daya alam, sumber daya manusia, dan pemanfaatannya  
Negara Nederland dikenal penghasil gandum, jadi Negara ini memiliki sumber daya alam di bidang pertanian, dan dapat mengolah berbagai produk makanan sehingga menjadi Negara pengekspor makanan ke 3 terbesar setelah AS dan prancis. Sedangkan SDM di Negara ini banyak yang memiliki kualitas sehingga dapat tergolong Negara maju sedangkan kanada merupakan Negara yang sama – sama mempunyai kopeten tersebut hanya saja berbeda dibidang pertanian saja , kanada lebih dikenal dengan Negara industry ,

Kesimpulan jika ditinjau berdasarkan metodelogi Negara belanda lebih unggul mengenai pendapatan perkapita di bendingkan kanada karna belanda merupakan Negara yang sejak dulu memiliki keunggulan di banyak aspek .



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

About Me